cara memulai bisnis

Cara Memulai Bisnis Yang Efektif Menurut Yusuf Sukses

Ada seminar-seminar bagaimana cara memulai bisnis yang pembicaranya menyarankan agar kita jangan kebanyakan mikir jika ingin buka usaha, buka aja dulu usahanya nanti setelah kita buka baru mikir. Cara ini berhasil untuk sebagian orang karena kemungkinan besar dorongannya untuk menjadi pengusaha sudah cukup kuat, sehingga sudah berani mulai bertindak. Tapi bagaimanapun juga keberaniannya bertindak dikarenakan sudah memiliki goal yang jelas,  dan keyakinan bahwa tidak boleh ditunda lagi pokoknya harus mulai usaha. Tapi untuk sebagian yang lain mungkin akan masih terasa sulit untuk melakukannya karena menurut mereka masih banyak yang harus dipertimbangkan.

Dari pengalaman saya berkali-kali membuka bisnis dan gak berhasil, ternyata ada cara efektif bagaimana agar kita berhasil membangun bisnis kita.

1. Tentukan kondisi ideal yang kita inginkan.

kondisi ideal adalah kondisi yang kita inginkan terjadi dimasa depan. Kenapa kita harus mulai dengan kondisi ideal ? Karena kondisi ideal adalah kondisi yang muncul sesuai dengan keinginan alam bawah sadar kita, ketika ide itu muncul dari alam bawah sadar kita,  maka itulah kondisi yang sesuai dengan Belief system yang kita miliki saat ini.

Contoh membuat kondisi ideal bagi yang belum punya produk / jasa :

  • Saya ingin punya bisnis yang sesuai dengan passion yang saya miliki, dari bisnis tersebut saya bisa menghasilkan penghasilan 100 juta/Bulan.
  • Saya ingin bisnis yang tidak mengganggu waktu saya dengan keluarga. Bisa menghasilkan penghasilan hingga 50 juta/ bulan.
  • Saya ingin bisnis yang tidak mengganggu pekerjaan utama saya,  dan bisa saya jalankan tanpa saya harus ikut terlibat secara penuh didalamnya.
  • Saya ingin menjual produk yang bisa menghasilkan keuntungan 1 hari minimal Rp.300 Ribu.

Contoh membuat kondisi ideal bagi yang sudah punya produk / jasa :

  • Saya ingin memiliki 100 cabang, dalam waktu 4 tahun. Memiliki 1000 Orang karyawan.
  • Saya ingin profit perusahaan saya berlipat hingga 3x lipat.

Yang perlu diingat adalah,  buatlah kondisi ideal tanpa kita harus membatasi diri kita, misalkan saat ini belum ada modalnya,  atau merasa belum punya pengalaman bisnis, atau tidak punya jaringan,  pokoknya saat membuat kondisi ideal anggap saja kita sudah memiliki semua sumberdaya yang kita butuhkan untuk mencapai kondisi ideal tersebut. Apakah itu modal uang,  pengalaman,  networking dll. contoh misalnya ingin berbisnis sesuai dengan passion,  tapi saat membuat kondisi ideal itu kita aja belum tau apa yang menjadi passion kita. Atau ingin bisnis yang tidak mengganggu waktu saya dan keluarga, tapi kita gak percaya mana ada bisnis yang tidak mengganggu waktu dengan keluarga. Ingin bisnis peralatan komputer tadi belum ada modalnya sama sekali. Ingin memiliki 100 cabang tapi gak tahu gimana caranya.  Yang paling penting disini adalah kita tahu apa yang kita inginkan terlebih dahulu. Karena cara, ide, produk / jasa yang akan dijual, atau cara,  ide untuk mencapai hasil yang diinginkan akan datang setelah terlebih dahulu menentukan tujuan, dalam hal ini tujuan adalah kondisi ideal yang kita inginkan.

2. Visualisasikan kondisi ideal kita sudah tercapai. 

Untuk mencapai kondisi ideal yang kita inginkan,  penting untuk kita menanamkannya kedalam alam bawah sadar, karena alam bawah sadarlah yang akan memberikan petunjuk-petunjuk bagaimana kita mencapai tujuan kita.  Tugas kita hanya mengeksekusi semua petunjuk yang datang dari alam bawah sadar kita.

3. Buat Rencana 

Bagi yang belum memiliki produk / jasa cobalah lakukan riset pasar. Fokuslah mencari jawaban kondisi ideal dengan bertanya kedalam diri kita bagaimana kita bisa mencapai tujuan kita tersebut.

Bagi yang sudah punya produk / jasa untuk dijual cobalah untuk melakukan analisis apa kelemahan yang membuat kita belum bisa mencapai tujuan kita, carilah strategi-strategi yang bisa diterapkan didalam bisnis kita yang bisa mencapai tujuan yang telah kita buat. Berinvestasilah,  semakin besar tujuan yang kita ingin capai perbesar investasi kita, untuk diri kita dan team kita yang mendukung keberhasilan kita. Investasi yang terbaik adalah peningkatan ilmu dan skill. Yang dapat mendukung kita mencapai tujuan kita.

4. Segera Bertindak

Tidak ada cara lain untuk mencapai kondisi ideal kita kecuali mulai bergerak dan mempraktekan ilmu-ilmu yang sudah didapat dari hasil investasi ilmu yang kita lakukan.

Yang membuat kita sulit mencapai kondisi ideal yang kita inginkan adalah kita banyak menunda untuk melakukan apa yang harusnya dilakukan dan malas untuk mengeluarkan usaha kita hingga 100%.

Jika kita mengalami ini, ini tandanya ada self limiting belief, ada keyakinan yang menghambat sehingga kita disabotase oleh diri kita sendiri sehingga tidak bertindak dengan tindakan-tindakan yang seharusnya kita lakukan. Atau kita belum menginstall mindset yang mendukung kita untuk mencapai tujuan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *